Apa itu NFT dan Apa Saja Yang Bisa dijadikan NFT?

 

Apa itu NFT?

Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh kebanyakan orang yang belum mengerti apa itu NFT. Mengenai NFT sendiri akhir akhir ini memang menjadi perbincangan public tanah air sejak viralnya berita sosok ghozali yang dapat menghasilkan ribuan US dollar dari memasang fotonya di salah satu market NFT ternama yaitu opensea.

Sejak saat itulah NFT menjadi perbincangan hangat dari seluruh pelosok nusantara, banyak orang – orang yang menirunya dengan mulai menjual foto pribadinya di opensea dengan harapan bernasib untung seperti ghozali.

Baik, sebenarnya apa sih yang dimaksud NFT? Karena semenjak momen tersebut banyak orang beranggapan salah kaprah tentang NFT.

Yuk kita bahas lebih dalam lagi mengenai NFT.

Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari Non Fungiable token, yang artinya token yang tidak dapat dipertukarkan. Sedangkan dari bentuk NFT itu sendiri dari beragam karya atau file digital seperti music, gambar dan karya seni digital lainnya.

NFT juga dapat artikan sebagai aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video yang diperjual belikan secara online.Mengenai pembayarannya sebagian besar dalam transaksinya seringkali menggunakan cryptocurrency.

Sebenarnya NFT sendiri telah ada sejak tahun 2014, namun baru booming beberpa tahun terakhir dimulai dari banyak media yang membahas NFT serta banyaknya karya seni digital yang dijadikan NFT. Menurut beberapa informasi yang beredar pada tahun 2017 ditahun tersebut mencapai total transaksi 174 USD lebih untuk NFT.

Lantas apakah segala sesuatu karya digital yang telah beredar di internet secara gratis dapat dijual?

Jawabannya tentu tidak, NFT sendiri bersifat langka atau bahkan hanya satu jenis dan sangat terbatas kode memiliki kode penanda unik yang tak dapat digunakan semua orang, atau bisa diartikan NFT menciptakan kelangkaan terhadap karya seni digital.

Dari penjelasan diatas tentu dapat disimpulkan bahwasanya NFT sangatlah berbeda dengan cryptocurrency.

NFT merupakan token yang tidak bisa ditukar sedangkan cryptocurrency asset yang dapat ditukar dengan aset kripto lainnya.

Perbedaan NFT dengan Cryptocurrency

NFT adalah singkatan dari non-fungible token. Namun dari keduanya memiliki kesamaan, yakni dibangun menggunakan jenis pemrograman yang sama dengan cryptocurrency, seperti Bitcoin atau Ethereum.

Dari sisi cryptocurrency mereka dapat memperdagangkan atau menukar dengan crypocurrency lainnya dan nilai yang didapatkannya pun juga sama. Tentu berbeda dengan NFT karena dari masing-masing memiliki tanda tangan digital yang membuat NFT tidak mungkin dipertukarkan atau sama dengan satu sama lain karena tidak dapat dipertukarkan.

Dari pembahasan diatas mungkin teman – teman sudah dapat menarik kesimpulan mengenai apa sih itu NFT dan perbedaannya dengan mata uang kripto.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.